Kamis, 17 Juli 2014

Penyembuhan Kanker Payudara : Ternyata Kanker Payudara Bisa Sembuh Loh...


Penyembuhan Kanker Payudara. Sebagai salah satu penyakit mematikan di Indonesia, khususnya pada wanita, kanker payudara seringkali dianggap tak bisa disembuhkan. Padahal menurut dokter, jika wanita mau rutin melakukan pemeriksaan dan deteksi dini sendiri, bukan tidak mungkin kondisi tersebut bisa disembuhkan 100 persen.

"Penyakit ini kalau ditemukannya dini sekali, pasien bisa sembuh 100 persen. Tapi problemnya, pasien-pasien kita biasanya datang berobat pada stadium yang sudah lanjut atau stadium 4," ujar dr Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD-KHOM, dokter spesialis penyakit dalam, divisi hematologi dan onkologi medik RS Kanker Dharmais.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara konferensi pers 'Philips Mom2Mom Talk: Selamatkan Nyawa Dengan Deteksi Dini', yang diselenggarakan di The Cone fX Sudirman, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Menurut dr Ronald, ada beberapa alasan mengapa wanita enggan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Di antaranya takut, masih malu atau menganggap hal tersebut tabu, terlalu sibuk, dan merasa masih berusia muda sehingga tak mungkin terkena kanker. Inilah yang menjadi penyebab mengapa sebagian besar pasien-pasien kanker payudara tidak bisa disembuhkan atau bahkan sampai meninggal.

Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan mudah melalui 'Sadari' di rumah, mamografi, dan pemeriksaan klinis payudara di rumah sakit. dr Ronald menyarankan wanita untuk melakukan mamografi setiap 1-2 tahun sekali mulai usia 50 tahun dan 'Sadari' setiap bulannya mulai pada usia 20 tahun.

Sadari dapat dilakukan di rumah dengan cara berdiri di depan cermin dan meraba seluruh permukaan payudara. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara. dr Ronald menekankan pentingnya mengenali segala bentuk benjolan yang memang sebelumnya tak pernah ada di payudara Anda.

Selain sambil berdiri, pemeriksaan ini juga dapat dilakukan sambil berbaring. Perhatikan bagian atas payudara yang berada di dekat ketiak karena di situlah banyak ditemukan tumor payudara. Jika memang ditemukan benjolan apapun dan terasa ada perubahan, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca Juga
Bagaimana Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1
Kenali Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3