Kamis, 17 Juli 2014

Gejala Awal Kanker Payudara - Kenali dan Waspadai

Posted by Blogger Name. Category:

Sebagian besar kanker payudara mempunyai prognosis yang lebih baik jika dilakukan perawatan pada fase awal perkembangannya. Oleh karena itu, deteksi dini dari tanda dan gejala kanker payudara akan sangat penting, apalagi pada wanita dengan risiko tinggi terkena kanker payudara.Dan berikut ini adalah beberapa gejala awal dari penyakit kanker payudara yang saya kutip dari National Health Service, Inggris, yakni berupa :

Berikut adalah beberapa perubahan abnormal yang mungkin merupakan tanda atau gejala kanker payudara menurut American Cancer Society:
1.  Pembengkakan pada seluruh atau sebagian payudara
2. Iritasi pada kulit payudara
3. Rasa sakit pada payudara
4. Rasa sakit pada puting atau puting masuk ke dalam
5. Kemerahan atau penebalan pada kulit puting atau payudara
6. Keluarnya cairan dari puting selain air susu
7. Adanya benjolan di ketiak
Tanda-tanda tersebut tidak mesti berarti kanker tapi bisa juga merupakan tanda dari kondisi yang tidak berbahaya yang bukan kanker, misalnya infeksi atau kista.
Tapi, Anda harus segera memeriksakan kondisi payudara ke dokter jika mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda tersebut.

Adapun penyebab yang pasti dari penyakit ini belum diketahui secara jelas,akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker payudara ini yakni berupa : 

  • Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
  • Wanita yang belum pernah hamil dan melahirkan.
  • Kehamilan pertama terjadi setelah berumur 30 tahun.
  • Mendapat menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun.
  • Pemakaian pil KB atau terapi sulih estrogen.
  • Obesitas pasca menopause dan pemakaian alkohol.
  • Bahan kimia - Beberapa penelitian telah menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat di dalam pestisida dan produk industri lainnya) mungkin meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
  • Penggunaan DES (dietilstilbestrol). Wanita yang mengonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki resiko tinggi menderita kanker payudara.
 Baca Juga

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3