Sabtu, 21 Juni 2014

10 Mitos Yang keliru Tentang Kanker Payudara

Posted by Blogger Name. Category:

Mitos Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang di takuti oleh kaum hawa, namun masih banyak mitos-mitos keliru yang beredar di masyarakat tentang penyakit ini. Di sini kami akan menjelaskan mitos apa saja yang keliru tentang penyakit kanker payudara
Sekarang ini, penyakit kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak di derita oleh kaum perempuan di seluruh dunia, jelas ini merupakan kanker yang menjadi mimpi buruk buat kaum hawa. walaupun begitu tingkat kematianya lebih rendah di bandingkan penyakit kanker rahim. Namun jangan sampai di abaikan karena tetap saja resikonya sangat berbahaya terutama jika sel kanker sudah menyebar ke organ lain.

Berikut ini mitos yang masih berkembang mengenai kanker payudara, yaitu:

1. Mitos: Hanya perempuan dengan riwayat keluarga kanker yang berisiko
Faktanya ada 70% wanita yang menderita kanker payudara tidak memiliki factor resiko sama sekali untuk penyakit ini. Jika orang tua atau saudara anda ada yang terkena penyakit ini memang bias meningkatkan resiko, namun lingkungan juga mempengaruhi

2. Mitos: Menggunakan bra kawat bisa meningkatkan risiko kena kanker payudara
Faktanya Bra yang berkaat mampu menekan system limfatik pada payudara yang bias menyebabkan racun menumpuk. Tetapi saat ini tidak ada bukti ilmiah apapun sehingga belum di ketahui kebenaranya

3. Mitos: Kebanyakan benjolan di payudara adalah kanker.
Faktanya sekitar 80% benjolan di sekitas payudara di sebabkan oleh perubahan jinak kista atau kondisi lain. Namun sebaiknya setiap perubahan yang terjadi meski kecil dilaporkan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah benjolan ini kanker atau bukan.

4. Mitos: Operasi bisa bikin kanker menyebar
Fakta: Operasi atau pembedahan tidak menyebabkan kanker atau membuat kanker payudara menyebar. Ada kemungkinan dokter menemukan jumlah kanker yang lebih besar dari perkiraan ketika melakukan operasi.

5. Mitos: Perempuan dengan payudara padat berisiko lebih tinggi
Fakta: Seseorang yang memiliki payudara padat mungkin akan lebih sulit dibedakan antara jaringan normal dengan jaringan kanker, sehingga ada kemungkinan mengalami kesalahan hasil.

6. Mitos: Payudara kecil berisiko rendah kena kanker
Fakta: Tidak ada hubungan ukuran payudara dengan risiko kena kanker payudara. Namun ukuran yang besar mungkin membuat pemeriksaan lebih sulit dilakukan. Tapi semua perempuan harus berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan rutin.

7. Mitos: Orang yang melakukan mastektomi tidak bisa kena kanker
Fakta: Tidak ada yang bisa menjamin seseorang bebas kanker, beberapa perempuan ada yang terkena kanker di tempat bekas luka setelah mastektomi. Meski mastektomi bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan, seseorang tetap perlu menjaga gaya hidupnya.

8. Mitos: Jika berisiko kena kanker, maka hanya sedikit langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya
Fakta: Hal ini salah, ada banyak perempuan yang bisa menurunkan risiko, seperti dengan menurunkan berat badan, olahraga teratur, melakukan pemeriksaan payudara sendiri, berhenti merokok dan kenali perubahan yang muncul.

9. Mitos: Perawatan kesuburan bisa tingkatkan risiko kanker
Fakta: Beberapa studi menemukan calon ibu yang melakukan perawatan kesuburan cenderung tidak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara, karenanya peneliti tidak menemukan bukti ilmiah mengenai kabar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3