Kamis, 19 Juni 2014

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Payudara Pada Pria


Gejala kanker payudara


Pria, sebagaimana wanita, memiliki jaringan payudara namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Namun karena jaringan payudara masih ada, maka pria pun bias terkena penyakit kanker payudara.
Jaringan sel payudara pada laki-laki mengalami pembesaran seperti halnya wanita tetapi bersifat sementara, bilateral (terjadi di kedua payudara), jaringan bersifat lembut, padat, dan terdistribusi simetris yakni dibawah areola. Kondisi ini dinamakan dengan ginekomastia fisiologis, dan diduga diakibatkan oleh pengaruh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, dan dapat menimbulkan rasa nyeri pada payudara. Ginekomastia fisiologis sendiri akan berangsur membaik dan mereda dalam jangka waktu 6 bulan hingga 2-3 tahun setelah pubertas, sehingga tidak diperlukan penanganan khusus, kecuali jika keluhan lain seperti rasa nyeri dirasakan sangat mengganggu.
Jaringan sel payudara pada laki-laki mengalami pembesaran seperti halnya wanita tetapi bersifat sementara.
Gangguan kesehatan lain adalah kista, tumor jinak seperti fibroadenoma mammae (FAM), dan kanker payudara. Khusus kanker payudara, umumnya terjadi pada dekade ke 6 kehidupan, namun bisa juga timbul pada usia berapa saja, meskipun dengan frekuensi yang jauh lebih sedikit. Tumor dan kanker payudara pada pria dapat dibedakan dari ginekomastia dengan melihat beberapa cirinya, yakni:
  • Benjolan yang sifatnya eksentrik atau terlokalisir di salah satu payudara saja
  • Benjolan umumnya tidak nyeri (meski tidak semua)
  • Perubahan pada ukuran atau bentuk payudara
  • Kulit berkerut, atau kemerahan
  • Kemerahan atau luka bersisik diiringi rasa gatal pada puting
  • Keluar cairan dari puting
  • Puting atau bagian lain payudara tertarik ke arah dalam
Pada kondisi yang Saudara alami, adanya benjolan di salah satu payudara, merupakan salah satu tanda yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti mammografi atau pengambilan sampel jaringan dengan jarum halus, untuk menilai apakah benar benjolan tersebut tumor atau tidak. Meskipun diagnosis ginekomastia masih mungkin setelah dilakukan pemeriksaan yang seksama terhadap jaringan payudara, namun kami sarankan Saudara tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih detail penyebab benjolan tersebut dan penanganannya.

Gejala Kanker Payudara Pada Pria



Seperti Halnya wanita, Pria pun memiliki resiko terkena penyakit kanker payudara, walaupun sedikit sekali.  Karena pria pun memiliki jaringan payudara yang tumbuh pada saat masa puber. Tetapi perkembangan jaringan payudara pad aria tidak sebanyak wanita.  Namun tetap harus waspada terhadap penyakit kanker payudara.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa gejala kanker payudara pada pria seperti dilansir dari boldsky.com.

Benjolan di payudara
Ini adalah tanda paling awal apabila anda terkena penyakit kanker payudara, terdapat benjolan di sekitar payudara. Walaupun jika di pegang ataupun di raba tidak menimbulkan rasa sakit, namun segera periksakan ke dokter jika anda mengalaminya atau menemukan benjolan-benjolan di sekitar payudara anda.

Puting berdarah
Puting berdarah merupakan tanda lainya jika anda terkena penyakit kanker payudara, bias juga payudara anda mengeluarkan cairan berwarna putih. Dan jika sudah mengeluarkan cairan berwarna putih, itu tandanya kanker payudara tersebut sudah parah.

Rasa lelah dan lemah
Sering merasa lelah dan lemah pada tubuh merupakan salah satu gejala terkena penyakit kanker payudara. Ini karena perkembangan sel kanker dapat mengganggu fungsi tubuh itulah kenapa penyakit kanker apapun dapat menyebabkan merasa letih lemah dan lelah.

Kehilangan berat badan dan nafsu makan
Bukan hanya penyakit TB yang dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan berat badan, kanker payudara pun bias menyebabkan ini, karena kurang nafsu makan dan kehilangan berat badan merupakan salah satu gejala dari kanker ayudara. Karena sel kanker mengganggu fungsi tubuh jadi penyerapan nutrisi makanan un tidak maksimal.

Gangguan fungsi tubuh
Sel-sel kanker payudara termasuk jenis sel kanker yang paling agresif menyerang tubuh. Akibatnya fungsi tubuh Anda pun dapat terganggu dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya. Bahkan dapat menyerang kesehatan prostat dan hati pada pria.

Ternyata pria pun dapat terkena penyakit kanker payudara. Biasanya penyakit ini menyerang pria pada usia 60-70 tahun. Oleh karena itu apabila Anda menemukan gejala di atas pada tubuh Anda, maka segera periksakan menuju dokter.

Baca juga artikel kami mengenai pencegahan kanker payudara

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3