Jumat, 11 Juli 2014

Bagaimana Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Posted by Blogger Name. Category:

Kanker Payudara Stadium 1. Bagaimana Sih Ciri-ciri Kanker payudara stadium I ? Secara garis besar kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena perkembangan sel yang ada di dalam tubuh sangat cepat atau di luar kendali kita. Kanker juga merupakan penyakit yang di sebabkan dari sel-sel jaringan yang tumbuh menjadi kanker. Perkembanganya sel-sel ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan mengakibatkan kematian
Penyakit ini sebagian besar sering di alami oleh wanita tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga mengalaminya. Kenapa sebagian besar wanita ? karena factor reproduksi menjadi penyebab utama timbulnya sel kanker selain factor penggunaan hormone terutama hormone astogen. Selain di atas ada beberapa penyakit yang menyebabkanya yaitu fibrokistis, radiasi ionisasi, serta obesitas, makanan juga sangat mungkin mempengaruhinya
Setiap wanita perlu mewaspadai penyebab, tanda-tanda dan gejala kanker payudara. Oleh karena kanker payudara dibagi dalam beberapa stadium maka kita akan membahas ciri-ciri kanker payudara stadium 1. 


Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1
Ciri-ciri kanker payudara stadium 1 :
    Adanya benjolan yang ada di dada yang kalau dilihat berbeda dengan daerah sekitarnya. Dan yang paling penting untuk para wanita, benjolan tersebut tidak memberikan rasa nyeri pada penderita kanker payudara stadium 1.
    Ukuran benjolan kanker tidak lebih dari 2 cm.
Bagaimana mengenal ciri-ciri kanker payudara stadium 1 ? Tips di bawah ini dapat Anda pakai untuk mendeteksi gejala atau stadium awal kanker payudara tanpa harus mengeluarkan biaya.
Setiap wanita dapat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi gejala awal kanker payudara seminggu setelah menstruasi. Waktu seminggu setelah menstruasi sangat tepat karena pada saat itu hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Hormon estrogen dan progesteron mengontrol dan mempengaruhi besar atau kecilnya payudara. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
    Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.
    Angkat tangan kiri ke atas kepala.
    Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.
    Menekan setiap putting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.
    Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
    Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.


Bagaimanakah mengenal ciri-ciri seorang wanita mengalami gangguan pada payudaranya ?
    Jika payudara dipencet, maka akan keluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau tapi tidak ada rasa nyeri yang timbul.
     Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk, yaitu mengerut dengan pori-pori kulit yang agak menonjol.
    Terdapat benjolan yang selalu ditemukan saat memeriksa di daerah sekitar payudara atau di bawah ketiak.

Penanganan Kanker Payudara Stadium 1

"Jika ditemukan adanya gangguan atau masalah pada payudara, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa USG payudara, jika hasilnya masih meragukan maka akan dilanjutkan dengan mamografi untuk mengetahui apakah tumor jinak atau
ganas," ungkapnya.

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan pada usia muda 20-30 tahun. Tapi bagi perempuan yang sudah menikah, mengonsumsi kontrasepsi hormonal, pakai silikon atau operasi plastik pada payudaranya, sebaiknya memberikan perhatian lebih untuk pemeriksaan tersebut.

Dengan mengenal ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, hendaknya para wanita lebih waspada terhadap tanda-tanda yang timbul di sekitar payudara. Demikian article kami mengenai Kanker Payudara Stadium 1

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3